PERTANYAAN SEPUTAR UOB PERSONAL INTERNET BANKING

  • UOB Personal Internet Banking

    Transaksi perbankan anda semakin mudah

    Dapatkan kemudahan bertransaksi perbankan Anda dimanapun dan kapanpun

Mengenai UOB Personal Internet Banking

UOB PIB merupakan layanan internet banking yang dikembangkan oleh UOB untuk nasabah perorangan dengan tujuan memberikan efisiensi dalam transaksi perbankan dengan memberikan rasa aman dan nyaman.

Syarat Pendaftaran Layanan UOB Personal Internet Banking adalah :

  • Memiliki minimal 1 produk Bank UOB Indonesia (Tabungan, Giro, Kartu Kredit). Rekening deposito tidak dapat dijadikan syarat dalam pembukaan layanan PIB.
  • Merupakan nasabah perorangan atau nasabah dengan tipe joint account OR.
  • Memiliki nomor handphone yang sudah terdaftar pada sistem Bank UOB Indonesia.
  • Memiliki alamat email yang sudah terdaftar pada sistem Bank UOB Indonesia.
    * alamat email digunakan sebagai media penyampaian informasi transaksi yang sudah dilakukan di PIB serta informasi status transaksi tersebut.

Anda akan mendapatkan fasilitas transaksi finansial ataupun non finansial, diantaranya :

Transaksi Finansial

    • Transfer Dana ke sesama UOB Indonesia dan bank lain di Indonesia baik dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing
    • Transfer Dana ke bank lain di Indonesia (RTOL & RTGS)
    • Melakukan transaksi secara berkala dan transaksi secara terjadwal
    • Melakukan transaksi kepada lebih dari 1 rekening tujuan (maksimal 10 transaksi sekaligus)
    • Melakukan transaksi Telegraphic Transfer
    • Pembayaran Tagihan/Pembelian
    • Penempatan Deposito
    • Melakukan Quick Pay

Transaksi non Finansial

  • Pengaturan limit transaksi
  • Ringkasan Informasi Rekening (Tabungan, Giro, Kartu Kredit, KPR)
  • Pengaturan Rekening (Link & De-Link)
  • Pengajuan Pembukaan Rekening Deposito, Tabungan, Giro
  • Pengajuan Pembukaan Kartu Kredit, Transfer melalui Kartu Kredit

First Party Access adalah layanan yang diterima oleh pengguna PIB pada saat awal mendaftar PIB yang dimana untuk akses hanya bisa melakukan inquiry ke rekening UOB yang dimilikinya (transaksi non finansial).

Third Party Access adalah layanan yang diterima oleh pengguna PIB yang hanya bisa didapatkan jika pengguna layanan PIB menaikan akses nya dengan datang ke kantor cabang UOB Indonesia terdekat. Untuk tipe akses ini, pengguna layanan PIB dapat menggunakan seluruh fasilitas PIB (transaksi financial).

Biaya yang timbul untuk transaksi, diantaranya :

  • Telegraphic Transfer
  • Biaya transfer ke bank lain (RTOL, RTGS)
  • Biaya pembelian pulsa Telkomsel

PIB UOB diperuntukan untuk nasabah individu/perorangan atau nasabah join account UOB Indonesia.

Untuk mengakses PIB secara sempurna, spesifikasi yang kami sarankan adalah:

Komputer (PC / Laptop Pentium 4 dengan RAM minimal 512 mb atau lebih tinggi
Sistem Operasi Windows Xp atau lebih tinggi, MacOS Snow Leopard atau lebih tinggi, Android 4.2 atau lebih tinggi, iOS 7 atau lebih tinggi
Browser Internet Explorer 11, Chrome 25, Mozilla Firefox 30, Safari 6
Resolusi Layar 1024 x 768

Untuk dapat menggunakan layanan PIB, Anda dapat mengunjungi www.uob.co.id untuk melakukan pendaftaran PIB atau klik Disini untuk melakukan pendaftaran PIB.

Perlu diperhatikan, pastikan alamat email serta nomor telepon yang Anda pakai sudah tercatat pada sistem Bank UOB Indonesia.

Apabila Anda merasa belum mendaftarkan alamat email pada saat pembukaan rekening atapun nomorhandphone yang Anda pakai saat ini telah berubah, maka Anda diwajibkan untuk melakukan pengkinian data dengan datang ke kantor cabang UOB Indonesia terdekat.

Alamat Email diperlukan untuk mengirimkan notifikasi status transaksi serta transaksi yang telah Anda lakukan di PIB.

Terdapat proses verifikasi pada saat pendaftaran PIB, yaitu sistem mengirimkan SMS-OTP ke nomorhandphone nasabah yang ada pada sistem bank. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa memang benar nasabah tersebut yang melakukan pendaftaran PIB

Apabila SMS-OTP tidak kunjung datang, periksa kembali apakah nomor handphone yang tertera dilayar adalah nomor handphone yang Anda pakai.

Apabila nomor handphone yang tampil pada saat pendaftaran PIB berbeda dengan yang Anda pakai saat ini, Anda bisa melakukan pengkinian data di Cabang UOB Indonesia terdekat.

Ya, layanan PIB dapat diakses selama 24 jam setiap harinya.
catatan : transaksi tertentu akan tergantung pada cut off time transaksi. Silakan menelepon UOB Call Center14008 untuk informasi yang lebih rinci atau datang ke kantor cabang UOB Indonesia terdekat.

Notifikasi mengenai transaksi dikirim ke nasabah dalam bentuk email baik transaksi yang masih di proses maupun transaksi yang sudah sukses. Pastikan nama dan alamat email pengirim notifikasi traksasi adalah dari noreply_pib@uob.co.id.

Pengguna layanan PIB yang tidak mendapatkan email notifikasi, bisa melakukan pengecekan di folder Spamatau Junk Email. Apabila masih tidak ada, pengguna layanan PIB bisa menghubungi UOB Contact Center 14008.

Anda bisa melakukan Link (menghubungkan) nomor rekening yang belum tampil di PIB dengan mengklik menuPengaturan Rekening->Link/De-Link Account

Anda dapat melakukan pengajuan pembukaan rekening lainnya di PIB seperti rekening tabungan, giro, ataupun pembukaan rekening deposito.

Untuk rekening joint yang bisa dimasukan kedalam rekening hanya rekening dengan joint-or atau rekening yang bisa cukup satu otorisasi.

Pengguna layanan PIB dapat melakukan transaksi ke sesama UOB Indonesia ataupun melakukan transaksi ke bank lain baik di Indonesia dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing.

Anda bisa menghubungi UOB Contact Center 14008 untuk melakukan proses unlock akun PIB Anda.

Reksadana, rekening deposito, serta pinjaman yang Anda miliki akan terhubung dan muncul ke PIB pada H+1 setelah Anda sukses melakukan pendaftaran PIB.

Username & Password

Di PIB, Anda hanya dapat memiliki satu username dan password untuk mengakses layanan PIB

Setelah Anda memilih atau membuat username pada saat pendaftaran PIB, Anda tidak dapat merubahusername yang telah Anda tentukan.

Ya, Anda dapat merubah password Anda di PIB pada halaman Profil->Ubah Password

Anda dapat menerima informasi username atau mendapatkan password baru dengan klik link Lupa Password/Username pada halaman PIB  atau menghubungi Call Center 14008 untuk mendapatkan usernameAnda.

Two Factors Authentication

Two Factor Authentication (2FA) memberikan lapisan keamanan ekstra untuk melakukan identifikasi pemakai PIB. Dengan Two Factor Authentication, selain username dan password pengguna layanan PIB diminta untuk memasukan kode unik melalui SMS-OTP.

SMS-OTP adalah passcode sekali pakai yang dikirim ke nomor handphone yang ada pada sistem, oleh karena itu untuk menggunakan layanan PIB diharapkan nasabah dapat mendaftarkan atau melakukanupdate untuk nomor handphone yang akan digunakan untuk menerima SMS-OTP.
Catatan :
Waktu penerimaan SMS-OTP tergantung dari operator layanan telekomunikasi.

Two Factor Authentication merupakan fitur keamanan wajib yang akan diterima oleh pengguna layanan PIB.

Pengguna layanan PIB akan diminta untuk memasukan One-Time Passcode (OTP) pada saat melakukan transaksi di PIB.

Pada saat Anda melakukan transaksi finansial

Dalam keadaan ini, Anda hanya dapat melihat saldo rekening namun tidak bisa melakukan transaksi finansial.

One Time Passcode (OTP) diperlukan sebagai otorisasi bahwa hanya pengguna layan PIB yang nomorhandphone nya terdaftar yang dapat melakukan transaksi. Selain itu untuk memastikan bahwa pemilik layanan PIB itu yang melakukan transaksi.

Keamanan

  • Bank tidak pernah menanyakan data-data rahasia seperti PIN, kata sandi, login ID, data pribadi dan sebagainya melalui telepon atau email.
  • Segera hubungi Call Center UOB Indoneisa 14008 atau Cabang UOB Indonesia terdekat apabila merasa akun Anda tidak aman atau segera ubah password PIB Anda.
  • Jaga kerahasiaan ID pengguna dan Kata Sandi PIB Anda.
  • Selalu gunakan komputer atau perangkat yang Anda percaya/aman.
  • Selalu logout setelah selesai bertransaksi.
  • Jangan mencatat password di media apapun apalagi di catat dalam ponsel.
  • Ubah password Anda secara rutin
  • Periksa history transaksi Anda dan email notifikasi secara berkala.
  • Selalu akses dengan mengetik https://pib.uob.co.id/PIBLogin atau mengunjungi website UOBhttp://www.uob.co.id untuk mengakses layanan PIB dan tidak melalui tautan email. Kami sarankan untuk menyimpan akses PIB di menu favorit atau bookmarks.
  • Selalu logout dari PIB sebelum berpindah ke website lain dan pastikan selalu menghapus riwayat penelusuran & aktivitas pada browser terutama jika Anda mengakses rekening Anda dari terminal akses publik. Hal ini akan mencegah informasi rekening Anda tersimpan pada terminal.
  • Pastikan komputer Anda terinstall perangkat lunak (software) anti-virus untuk melindungi PC Anda dari virus dan program yang berbahaya.
  • Logout dari PIB apabila sudah tidak di gunakan kembali
  • Hati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatakan sebagai petugas bank UOB melalui telepon, faksimili atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk Password PIB ataupun key SMS Token. Karena petugas Bank UOB tidak akan meminta atau menanyakan Password Anda.
  • Apabila Anda melihat tanda mencurigakan segera tinggalkan website PIB dan laporkan ke UOB Contact Center di nomor 14008 atau Cabang terdekat.
  • Phising
    Phising adalah tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memperoleh informasi pribadi seperti user id, password, atau informasi lainnya dengan tujuan penipuan dan bisa mengakibatkan akun internet banking dapat diakses oleh orang lain.
    Cara kerja phising adalah memalsukan alamat website ataupun email
    Tips agar terhindar dari phising :
    • Pastikan kembali alamat website yang Anda kunjungi khususnya alamat website UOB Indonesia yaituwww.uob.co.id.
    • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang digunakan.
    • Perhatikan alamat email pengirim.
    • Jangan membuka atau download lampiran apapun dari email yang tidak dikenal, karena lampiran tersebut kemungkinan berisi malware.
    • Jangan sembarang klik hyperlink yang terdapat pada email. Hyperlink bisa digunakan untuk mengarahkan Anda ke situs-situs phising yang berisi malware atau website yang menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi.
  • Malware
    Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer yang bisa mengalihkan data hasil input nasabah/pengguna untuk kepentingan lainnya yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa menyebabkan kerugaian finansial terhadap nasabah.
    Kerja malware hampir sama seperti virus, namun malware memberikan informasi pada komputer/perangkat kita ke server/asal malware tersebut.
    Tips agar komputer/perangkat yang Anda pakai terhindar dari malware:
    • Install Anti Virus serta lakukan update secara berkala.
    • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang digunakan.
    • Jangan sembarangan melakukan download dari interent dan pastikan dari situs terpercaya.
    • Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak dikenal.
  • Social Engineering
    Social Engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia biasanya dilakukan melalui telepon atau internet. Oleh karena itu jangan pernah memberikan informasi sensitif mengenai akun bank Anda kepada orang lain.
    Tips untuk menghindari Social Engineering :
    • Selalu waspada pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun di dunia maya, apalagi jika berkaitan dengan informasi dimana Anda bekerja
    • Jangan memberikan informasi sensitif mengenai pribadi ataupun tempat bekerja pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun dunia maya.
  • Virus
    Virus adalah program komputer yang dibuat dan memiliki kemampuan untuk dapat merusak sistem operasi perangkat Anda, aplikasi, ataupun data yang ada pada perangkat tersebut.
    Ciri-ciri komputer yang terkena virus :
    • Komputer tidak stabil/sering hang
    • Kinerja komputer terasa lambat
    • Terdapat file aneh didalah media penyimpanan komputer/perangkat yang kita gunakan.
    Tips menghindari perangkat terkena virus :
    • Install anti-virus.
    • Update anti virus secara berkala
    • Jangan install program dari sumber yang tidak dipercaya
    • Selalu scan flashdisk atau media yang dikoneksikan ke perangkat Anda
  • Keylogger
    Keylogger adalah program komputer yang dapat menyimpan apa yang Anda ketik di perangkat yang Anda gunakan.
    Tips untuk menghindari dari Keylogger :
    • Selalu gunakan perangkat yang biasa Anda pakai untuk bertransaksi dan pastikan tidak ada aplikasi yang tidak Anda install.
    • Jangan menggunakan komputer/perangkat yang dipakai bersama untuk melakukan transaksi.

PIB memiliki layanan keamanan yang berlapis dan berstandar tinggi untuk layanan internet banking,diantaranya :

  • Firewall yang berlapis
  • 128-bit Secure Socket Layer (SSL) Encryption yang dimana saat ini merupakan teknologi kemanan tingkat tinggi dalam layanan enkripsi komersial.
  • Two Factors Authentication yang  menjamin hanya pengguna yang berhak yang dapat melakukan transaksi dilayanan PIB

Saat login ke PIB, cek apakah alamat website pada status bar di bagian atas browser Anda berubah darihttp:// ke https:// dan ikon keamanan (simbol gembok) muncul pada bar alamat URL browser Anda.

Hal ini mengindikasikan bahwa halaman website dimana Anda berada telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi. Anda dapat mengklik ikon keamanan (simbol gembok) untuk melihat informasi terkait sertifikat keamanan halaman website tersebut.
Jika Anda tidak melihat simbol , segera tinggalkan website tersebut dan melaporkannya kepada UOB Contact Center di nomor 14008.

Apabila pengguna PIB merasa bahwa password nya diketahui oleh orang lain, segeralah melakukan perubahan password di PIB agar menjamin keamanan.

Untuk membersihkan riwayat pada browser Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
Internet Explorer 11.0 dan lebih tinggi :
Pilih Tools dari Menu Bar.
Pilih Internet Options.
Pilih General tab.
Klik tombol Delete dibawah Browsing History.
Centang semua pilihan.
Klik tombol Delete untuk melanjutkan pembersihan cache & history



Atau klik Tools lalu klik Delete Browsing History
Centang semua pilihan
Klik tombol Delete untuk melanjutkan pembersihan cache & history



Untuk Firefox 30 dan lebih tinggi:
Pilih History dari Menu Bar
Pilih Clear Recent History.
Pilih Everything.
Lalu tekan tombol Clear Now untuk melanjutkan pembersihan cache & history.



Untuk Safari:
Pilih History dari Menu Bar
Pilih Clear History.
Pilih All History.
Lalu klik tombol Clear History untuk melanjutkan pembersihan cache & history.



Untuk Chrome 40 dan lebih tinggi:
Pilih Options yang berada pada pojok kanan atas
Pilih Settings.
Pilih History.
Pilih Clear Browsing Data.
Lalu tekan tombol Clear Browsing data untuk melanjutkan pembersihan cache & history.